Harapan

Cara Menggapai Suatu Harapan

https://heavenablaze.blogspot.com/2013/09/cara-menggapai-suatu-harapan.html

Apakah ada diantara kalian yang tidak pernah merasa sedih atau gagal?
Merasa sesuatu yang sangat kita inginkan tidak akan mungkin terjadi?
Merasa sesuatu yang sangat ingin kita capai terasa sangat jauh?
Atau lebih buruknya lagi, merasa putus asa dan kehilangan arah?

Merasa semua yang kita lakukan mungkin tidak ada gunanya. Merasa bahwa setelah kita memberikan segalanya, hasil yang kita harapkan ternyata tidak seperti kenyataan. Kalau kita semua pernah mengalaminya, maka kita semua memerlukan harapan.

Secara umum dan sederhana harapan adalah sebuah kepercayaan (persepsi) bahwa sebuah tujuan dapat dicapai, apakah itu impian, cita-cita, kebahagiaan atau cinta. Dalam Snyder (2002) disebutkan bahwa harapan memiliki tiga elemen; goals (tujuan), pathways (cara untuk mencapai tujuan), dan agency thoughts. Agency thoughts adalah elemen motivasional dari harapan; dimana seseorang percaya bahwa jalan yang ada akan mampu ia tempuh, bahwa ia memiliki semua yang dibutuhkan untuk dapat menempuh jalan menuju impiannya.

Semua elemen dari harapan sedikit banyak ditentukan oleh apa yang seseorang lalui dalam hidupnya. Dalam Snyder (2002) dijelaskan bahwa perkembangan harapan seseorang dipercaya terjadi sangat awal di masa kehidupan; yaitu ketika bayi menyadari bahwa dirinya adalah sebuah entitas yang berdiri sendiri, bahkan berdiri terpisah dari orang yang mengasuhnya (psychological birth). Hal ini membawa anak pada kesadaran bahwa dirinya dapat mempengaruhi sekitarnya, bahwa apa yang ia lakukan dapat berpengaruh pada apa yang ia dapatkan (contohnya: dengan menangis, maka makanan akan datang). Hal ini berimplikasi pada bahwa apa yang terjadi sejak awal masa kehidupan seseorang, kesuksesan dan kegagalan dalam mencapai tujuan, akan berpengaruh pada tingkat harapan yang ia miliki pada saat ia dewasa.

Apa yang menyebabkan perlunya seseorang memiliki tingkat harapan yang tinggi? Selain dari sesuatu yang sangat jelas; seperti perasaan positif yang dirasakan, ternyata berdasarkan berbagai penelitian dalam Eliott (2005) dijelaskan bahwa tingkat harapan memiliki hubungan dengan berbagai keuntungan psikologis maupun fisiologis; seperti prestasi akademis, prestasi olahraga, kesehatan fisik dan juga kesehatan psikologis. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa harapan adalah salah satu hal yang sangat baik untuk dimiliki oleh manusia.

Oleh karena harapan memiliki 3 elemen yang saling terkait dan saling memengaruhi, segala upaya untuk meningkatkan harapan seseorang dapat dijelaskan berdasarkan elemen – elemen tersebut. Penelitian mengenai attribut orang-orang dengan tingkat harapan yang tinggi juga dapat dijadikan pijakan untuk menaikkan tingkat harapan seseorang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan;

Pecah tujuan yang besar atau jauh menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah untuk diraih

Dalam Seligman (2000) disebutkan bahwa orang dengan tingkat harapan yang tinggi biasanya memecah tujuan besar mereka menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil. Pencapaian tujuan dapat memberikan feedback pada elemen-elemen dari harapan yang pada akhirnya menentukan tingkat harapan seseorang. Setiap tujuan yang tercapai dapat meningkatkan harapan seseorang. Membuat tujuan yang besar menjadi tujuan – tujuan yang kecil yang lebih mudah diraih tentunya akan lebih mungkin untuk dapat memberikan feedback positif yang lebih besar terhadap tingkat harapan seseorang.

Miliki tidak hanya satu tujuan, tapi beberapa tujuan dalam hidup

Orang dengan tingkat harapan yang tinggi biasanya dapat menerima sebuah tujuan pengganti apabila tujuan awal sudah tidak mungkin untuk diraih dan ia juga biasanya memiliki beberapa tujuan dalam hidupnya, bukan hanya satu. Ketika suatu tujuan memang sudah mustahil untuk diraih, keberadaan akan tujuan lainnya atau keberhasilan atas tujuan lainnya tentu saja akan memberikan feedback positif terhadap tingkat harapan yang dimiliki oleh seseorang.

Cari sebanyak-banyaknya alternatif cara untuk mencapai tujuan

Dalam Snyder (2002) disebutkan bahwa orang dengan tingkat harapan yang tinggi biasanya memiliki berbagai alternatif untuk mencapai tujuan mereka. Hal ini menyebabkan ketika mereka mengalami suatu hambatan yang mungkin permanen dalam jalan yang mereka pilih, mereka akan dengan mudah mengambil jalan lain dan menjaga tingkat harapan yang dimiliki. Hal ini bisa dilakukan dengan sebanyak-banyaknya mencari informasi mengenai berbagai cara untuk mencapai tujuan kita.

Hargai proses, bukan hanya hasil

Dalam Morrow (Big and Small Hope) disebutkan orang dengan tingkat harapan yang tinggi biasanya menghargai proses pencapaian tujuan, seperti mereka menghargai hasilnya. Hal ini menyebabkan adanya feedback positif, bukan hanya ketika tujuan mereka tercapai, bahkan juga ketika mereka berada dalam proses pencapaian tujuannya.

Cari penjelasan yang memuaskan ketika terjadi hambatan atau kegagalan

Dalam Seligman (2000) disebutkan bahwa orang dengan tingkat harapan yang tinggi tidak mengalami emosi negatif ketika mengalami hambatan dalam pencapaian tujuannya; mereka biasanya mampu memberikan penjelasan yang memuaskan bagi dirinya ketika suatu tujuan tidak tercapai.

Dapatkan dukungan dari lingkungan sosial

Dalam Synder (2002) Orang dengan tingkat harapan yang tinggi biasanya mendapatkan dukungan secara sosial ketika mereka mengalami kegagalan, sehingga mereka bisa mendapatkan feedback positif atau alternatif cara lain untuk mencapai tujuan mereka. Dukungan sosial juga memungkinkan untuk membantu menemukan tujuan lain apabila tujuan yang diinginkan memang sudah tidak mungkin tercapai.

katakan “Aku Bisa”

Dalam Seligman (2000) disebutkan bahwa seseorang yang memiliki tingkat harapan yang tinggi biasanya memiliki “inner-voice” yang senantiasa menyuarakan “aku pasti bisa melewati ini”.

Keajaiban benar-benar terjadi

Mereka hanya tidak terjadi terlalu sering
Kadang untuk mendapatkan keajaiban
Apa yang dibutuhkan hanyalah berharap, terus berusaha dan tidak putus asa
Jika semua usaha yang dilakukan tampak selalu gagal
Percayalah, mungkin apa yang harus dilakukan hanyalah menemukan jalan putarnya

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Harapan Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved